Cara Membuat Game dengan Yoyogames

Cara Membuat Game - Apakah anda salah satu orang yang keranjingan bermain Game? Jika jawabannya iya, maka kita adalah orang yang sama. Game kesukaan saya yang berbau action. Apa permainan kesukaan anda? Pernahkah anda berfikir untuk membuat game sendiri, saya yakin jawabannya pernah. Buktinya, anda sedang membaca Web ini :).

Ini adalah salah satu bukti bahwa anda ingin mengetahui cara membuat game sendiri. ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat game. Kali ini, saya ingin sedikit berbagi panduan untuk membuat game, ini hanya untuk pemula, seperti saya. Bagi yang sudah expert tidak dianjurkan :). Ada banyak step yang harus dilalui sebelum kita bisa membuat Game untuk PC, Andoid, iPhone, ataupun HP lainnya. Ada yang namanya xml, java dan banyak lagi. Tapi kali ini kita akan belajar membuat game sendiri dengan cara yang paling mudah menggunakan aplikasi Game Maker Free dari Yoyogames.

Cara Membuat Game dengan Yoyogames


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownoad aplikasi tersebut. Anda dapat mendownloadnya di Yoyogames.com. Kemudian install di PC sobat, ikuti proses instalisasinya :). Setelah selesai, buka aplikasi tersebut. 

Setelah terinstal, buka aplikasinya dan kita buat sprite baru. Lalu kita buat karakternya, beri nama "char1". Sobat juga bisa membuat karakter dengan menggambar pada kertas kemudian di scan untuk dimasukan ke PC. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.
Cara Membuat Game Langkah 1

Membuat Obyek, klik bola biru di toolbar atas. Beri nama yang sama "char1"

Cara Membuat Game Langkah 2

Membuat Ruangan dan memasukan obyek. Pada obyek tab ruangan baru, pilih char1 dan klik ruang utama untuk menambahkannya.


Pilih Gerakan, tambahkan gerakan untuk karakter.

Cara Membuat Game Langkah 4

Tekan tombol add dan pilih "arrow keys" (Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar dan pahami).


Untuk menambah gerakan, pergi ke move tab dan pilih "Jump to Position"

Cara Membuat Game Langkah 6

Ulangi langkah diatas untuk arah lain, bawah, kanan, kiri.

Cara Membuat Game Langkah 7

Klik Play untuk melihat gerakan yang telah tadi di buat. Coba gunakan tombol arah di keyboard.

Cara Membuat Game Langkah 8

Gimana sobat? Memang terkesan tidak bagus, tapi ini memang untuk pemula. Jadi wajar kalo tidak sebagus yang udah profesional. Cobalah untuk terus berkreasi, sekian tips Cara Membuat Game dengan Yoyogames.

Diolah dari: http://carauntukbisa.blogspot.com